Sabtu, 19 Januari 2013

Pemrograman Android: Motivasi

Pendahuluan
Ini adalah awal dari tulisan saya tentang pemrograman Android,
Oke, pada tulisan kali ini saya akan menjabarkan motivasi dengan membandingkan dua kekuatan utama dalam dunia Sistem Operasi Smartphone : Android dan Iphone. Lalu bagaimana dengan nasib blackberry? Hm.. sementara kita abaikan saja dulu hehe..
1. Instalasi  Aplikasi
Yang pertama, adalah instalasi aplikasi. Secara umum jika kita berniat mengembangkan aplikasi Iphone, masalah terbesar adalah IPhone sangat selektif dalam memilih developer untuk bisa masuk kedalam app store mereka, sedangkan Android cenderung lebih bebas.
Andaikata kita sudah membuat aplikasi untuk IPhone, maka untuk bisa digunakan oleh pengguna, maka kita harus mendaftarkan terlebih dahulu pada App Store, yang memiliki prosedur birokrasi yang ruwet, dan itu sangat – sangat membosankan. Berbeda dengan Android, karena untuk mendaftar ke Google Play, kita cukup membayar US$ 25 untuk seumur hidup, dan kita bisa me-publish sebanyak apapun aplikasi kita. Semudah itu. Mempublish aplikasi Android juga tidak harus melalui Google Play, ada banyak cara, kita bisa mem-publish-nya melalui Amazon, Opera Mobile Store. Bahkan kita bisa menginstal aplikasi android hanya melalui koneksi USB ke PC. Intinya Android menawarkan kita kebebasan :)
2. Bahasa Pemrograman
Nah, ini termasuk faktor yang cukup sensitif, yakni bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi. Untuk IPhone,  anda harus membuatnya dengan bahasa  pemrograman Objective-C yang mirip namun tidak sama persis dengan C++. Objective C? Hm.. sangat asing memang, karena hampir tidak ada perusahaan yang menggunakan bahasa pemrograman ini kecuali untuk aplikasi mobile IPhone
Lalu bagaimana dengan Android? Anda bisa membuat aplikasi android dengan pemrograman Java, yang merupakan salah satu bahasa pemrograman yang digunakan luas di perusahaan – perusahaan. Selain itu anda juga bisa membuat aplikasi Android dengan C/C++ dengan beberapa kesulitan, melalui pendekatan  yang mirip dengan JNI untuk aplikasi java.
Tapi selain itu sebenarnya ada banyak cara untuk membuat aplikasi android salah satunya adalah dengan menggunakan phonegap.
3. Sistem Operasi untuk membuat Aplikasi

Jika kita ingin membuat aplikasi IPhone, maka syarat pertama anda harus memiliki komputer Macs. Sedangkan untuk android, anda bisa membuat aplikasi dengan Sistem Operasi apa saja, yang terpenting adalah anda memiliki Java dan Eclipse yang sudah terinstal di komputer anda. Jadi anda bisa menggunakan OS  Mac, windows, Linux, Solaris dlsb (dan lainnya saya bingung) :mrgreen:
4. Lowongan Kerja.
Faktor berikutnya  adalah lowongan kerja. Grafik di bawah ini menujukan perbandingan perusahaan yang membutuhkan kemampuan pemrograman Android dibandingkan dengan IPhone.

5.  Trend pencarian Google
Faktor berikutnya adalah trend pencarian Google, dimana semakin banyak orang mencari topik  tentang pemrograman android ketimbang Iphone, kenapa? Ada banyak faktor, salah satunya adalah karena memang Android lebih terbuka dalam hal pengembangan aplikasi ketimbang IPhone

6. Pasar
Lalu bagaimana dengan Pasar? Ya, grafik berikut sepertinya cukup memberikan penjelasan ;)

7. Isu Lain
Banyak isu yang bisa dijadikan pertimbangan, salah satunya adalah jumlah Smartphone Android yang semakin meningkat pesat dibanding pesaingnya Iphone. Survey menunjukkan 3 dari 4 smartphone adalah Android.
Isu lain adalah masalah pembajakan, karena sifatnya yang cukup bebas maka aplikasi Android lebih rawan pembajakan ketimbang Iphone. Ini dikarenakan user android lebih menyukai gratisan ketimbang user Iphone yang memang lebih ‘royal’. Memang di sisi ini Iphone unggul. Selain itu memang apple  membangun brand  mereka begitu kuat, sehingga terdapat nilai gengsi yang cukup tinggi jika memiliki Iphone ketimbang smartphone Android
Kesimpulan
Yups, begitu ulasan saya tentang motivasi mengapa mengembangkan aplikasi Android, cukup menjajikan dibandingkan yang lain. Namun ini bukan serta merta saya anti IPhone. Saya hanya mencoba bersikap realistis. Karena prinsip dasarnya adalah semakin banyak ilmu adalah semakin baik. Namun untuk pijakan awal belajar bahasa pemrograman untuk smartphone, saya rasa di  Android anda lebih dimudahkan ketimbang belajar pemrograman untuk aplikasi untuk OS lain ;)



         http://java.ruangtedy.net/?p=43

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar